Perbedaan mysql dan mysqli Extension PHP

Assalamu'alaikum wr. wb. Dalam tutorial PHP MySQL kali ini, kita akan membahas perbedaan mysql extension yang “lama” dengan versi barunya, yakni mysqli. Extension mysqli juga hadir dengan 2 jenis “rasa” yaitu procedural style dan object oriented style.

Perbedaan Antara mysql extension Dengan mysqli extension

Pada tutorial-tutorial yang sebelumnya kita selalu menggunakan extension mysql dari PHP untuk mengakses MySQL. Fungsi-fungsi yang kita pelajari tersebut (seperti fungsi mysql_connect, mysql_query, dan mysql_fetch_array) memang sudah tidak disarankan lagi, tetapi saya tetap membahasnya sebagai dasar bagi kita untuk masuk ke extension yang lebih baru yaitu mysqli dan PDO.
Terhitung dari PHP versi 5.5, extension mysql tidak lagi disarankan penggunaannya dan berstatus deprecated, yang berarti mungkin akan dihapus pada PHP versi berikutnya. Kita disarankan untuk mulai beralih menggunakan mysqli atau PDO. Mari kita bahas tentang mysqli terlebih dahulu.
Mysqli merupakan kependekan dari MySQL Improved Extension. Seperti yang terlihat dari namanya, extension ini merupakan versi perbaikan dan penambahan dari extension mysql sebelumnya yang umum digunakan. Extension mysqli dibuat untuk mendukung fitur-fitur terbaru dari MySQL Server versi 4.1 keatas.
Secara garis besar, tidak ada perbedaan mencolok antara mysql extension dengan mysqli extension. Nama-nama fungsi didalam mysqli sebagian besar mirip dengan apa yang telah kita pelajari (extension mysql).
Sebagai contoh, untuk membuat koneksi dengan MySQL Server, di dalam mysql kita menggunakan fungsi mysql_connect(), sedangkan di dalam mysqli, kita menggunakan mysqli_connect(). Begitu juga dengan fungsi lain seperti mysql_query() menjadi mysqli_query().
Selain menambah huruf “i” di dalam nama fungsi, argumen-argumen yang dibutuhkan juga hampir mirip. Perbedaannya, jika di dalam extension mysql umumnya kita bisa meletakkan argumen resources di akhir fungsi, maka di dalam mysqli, argumen ini diteletakkan di awal.

Sebagai contoh, di dalam mysql kita menulis:
mysql_query("SELECT * FROM siswa");

Sedangkan di dalam mysqli penulisannya menjadi:
mysqli_query($link, "SELECT * FROM siswa");
Namun perbedaan paling mendasar di dalam mysqli adalah mysqli mendukung cara penulisan object oriented programming.

Baca jugaKonsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek (OOP)

Mengenal 2 jenis Mysqli Style: Procedural dan Object Oriented

Agar proses “migrasi” dari mysql ke mysqli tidak terlalu menyusahkan, PHP memberikan 2 alternatif cara penulisan mysqli.
  • Cara yang pertama adalah menggunakan procedural style. Cara ini mirip dengan extension mysql, dimana kita menggunakan fungsi-fungsi untuk mengakses database MySQL.
  • Cara kedua adalah dengan object oriented style. Dengan cara ini, kita menggunakan aturan penulisan pemrograman objek untuk berkomunikasi dengan MySQL.
Kedua jenis style pemrograman mysqli ini menggunakan nama fungsi dan method yang kurang lebih sama. Sebagai contoh, di dalam procedural style mysqli, terdapat fungsi mysqli_query(),sedangkan dalam OOP style mysqli, kita menggunakan method $mysqli->query(). Kita akan membahas lebih dalam tentang cara penggunaan 2 style ini.

Untuk implementasinya silahkan ikuti tutorial :
1. Membuat CRUD dengan PHP Mysqli Prosedural Style
2. Membuat CRUD dengan PHP Mysqli OOP Style
3. Membuat Login dengan PHP Ekstensi mysqli OOP
4. Membuat Login Multi Level dengan PHP mysqli pada 3 Tabel Berbeda
5. Membuat Web dengan PHP Mysqli OOP + Bootstrap Serta Database MariaDB


Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum wr. wb.


Sumber: duniailkom
Perbedaan mysql dan mysqli Extension PHP
Item Reviewed: Perbedaan mysql dan mysqli Extension PHP 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

izin bookmark dulu buat belajar :thumbup

Silahkan gan :2thumbup

Jadi lebih baik pake prosedural atau OOP gan ?

Tergantung selera gan, kalo yang biasa pake' ekstensi mysql yang lama ya lebih enak prosedural. Kalo yang dan terbiasa pake' framework ya lebih enak OOP. Jadi tergantung masing2 programmernya sendiri gan.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

ebelumnya saya sudah mengisntall mysql server versi 5.5.42
apakah sudah bisa menggunakan mysqli ?
atau ada pengaturan tambahan agar dapat menggunakan mysqli ?

Di coba saja dulu. Kalo belum bisa berarti install yang versi terbaru xampp nya :)

Mantap gan semoga semakin bagus lagi dan videonya mudah di mengerti top lah jadi semangat belajar jadinya thank's sangat membantu👍

Alhamdulillah. Amin. Thanks do'a dan review-nya. Sukses selalu (y)

keren kak,blog ini sangat bermanfaat sekali dan membatu saya,terima kasih banyak

Alhamdulillah. Kembali kasih :)

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan bahasa yang relevan dan sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Info

Agar tidak ketinggalan update menarik :

Follow instagram @yukcoding
Subscribe youtube YukCoding Media

Happy coding :)
Just load it!