Perkenalan dengan C++



Apa sih yang dimaksud dengan C++ ?

Pertanyaan yang sering terlontar diantara telinga kita. Ok sobat kali ini saya akan mencoba menjelaskan apa sih C++ itu. Kan banyak nih yang bertanya tanya apa C++ itu dan buat apa ?

Kita mulai dari sejarah dulu ya kawan, hehe.
Jadi C++ itu adalah suatu bahasa pemrograman, bahasa yang digunakan untuk menentukan instruksi-instruksi yang kita berikan kepada suatu sistem. Disitu kita juga akan mengenal yang namanya compiler bahasa pemrograman. Untuk C++ sendiri banyak sekali freewarenya contoh : C Free, Dev++, Borland C++ dan masih banyak lagi, tapi sejauh ini yang mudah dipahami untuk pemula adalah C Free.

Nah sebelum menjadi C++ bahasa ini dulunya dikenal dengan bahasa C kira-kira tahun 1980-an lah sebelum itu juga gak langsung pake bahasa C, ada bahasa B biasa dikenal BCPL (Basic Combined Programming Language). Tapi dalam perkembangannya yang paling terkenal adalah bahasa C daripada bahasa Pascal, Basic atau yang lainnya.

Tahun 1989 dunia pemrograman C mengalami peristiwa penting dengan dikeluarkannya standar bahasa C oleh American National Standars Institute (ANSI). Bahasa C yang diciptakan Kerninghan & Ritchie kemudian dikenal dengan nama ANSI C.

Mulai awal tahun 1990, Bjorne Stroustrup dari AT & T Bell Laboratories mulai mengembangkan bahasa C. Pada tahun 1985, lahirlah secara resmi bahasa baru hasil pengembangan C yang dikenal sampai sekarang dengan nama C++.

Selain mudah dalam pendekatan logika berfikir manusia terhadap instruksi untuk sistem bahasa C++ juga menjadi dasar yang sangat fundamental dalam menguasai pemrograman. Paling tidak jika kita mahir dalam bahasa C++ untuk pindah ke bahasa HTML, Java, Pascal tentu akan lebih mudah. Bahasa C++ juga lebih cepat dalam eksekusi program dan hampir semua komputer tersedia atau cocok dengan bahasa C++.

Untuk membuat program sederhana " hello world", script nya seperti dibawah ini :



Dibalik itu semua C++ juga memiliki kelemahan yaitu gak cocok untuk pemrograman web base, hehehe.
Jadi untuk bisa mengerti C++ kita harus sering melakukan latihan, soalnya harus bertahap tidak bisa secara instan.

Semoga bermanfaat, salam coding :)
Perkenalan dengan C++
Item Reviewed: Perkenalan dengan C++ 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan bahasa yang relevan dan sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Info

Agar tidak ketinggalan update menarik :

Follow instagram @yukcoding
Subscribe youtube YukCoding Media

Happy coding :)
Just load it!