Membuat CRUD dengan PHP Mysqli OOP

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Baca duluPerbedaan mysql dan mysqli Extension PHP

Apa kabar semuanya ? Melanjutkan tutorial belajar ekstensi mysqli di PHP, kali ini kita sudah sampai belajar CRUD dengan mysli oop. Bagi kalian yang ketinggalan tutorial saya silahkan ikuti tutorial sebelumnya yaitu :
Membuat CRUD dengan PHP Mysqli Prosedural

Sebelum kalian mengikuti tutorial Membuat CRUD dengan PHP Ekstensi mysqli Object Oriented Style ini, sebaiknya kalian fahami dulu apa itu OOP :
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek (OOP)

Untuk demo aplikasi CRUD nya bisa dilihat dibawah :






Gimana keren bukan ?

Untuk tampilannya kita menggunakan framework css punyanya google yaitu materializecss, cara membuat tampilannya seperti diatas silahkan ikuti tutorial ini :
Membuat Desain Web Responsive dengan Materializecss

Sebelum Anda mengikuti tutorialnya jangan lupa setting dulu youtubenya agar video tutorial menjadi jelas, caranya klik play dulu videonya kemudian setting seperti gambar dibawah ini :



Sebenarnya untuk menggunakan fungsi mysqli OOP bawaan cukup seperti contoh dibawah sudah bisa,
<?php
$db = new mysqli("localhost", "root", "", "db_yukcoding");
$query = $db->query("select * from tb_anggota");
$data = $query->fetch_array();
$cek = $query->num_rows;
?>
Tetapi pada tutorial kali ini selain saya menggunakan fungsi OOP dari bawaan mysqli. saya juga membuat class baru yg didalamnya berisi function-function untuk melakukan proses CRUD data.

Artinya tidak full OOP fungsi-fungsi dari proses yang saya buat, jadi yang OOP hanya fungsi bawaan dari mysqli dan fungsi-fungsi CRUD-nya. Jadi agak semi prosedural.

Silahkan ikuti tutorial Membuat CRUD dengan PHP Mysqli OOP step by step pada video dibawah ini :



Bagi yang masih bingung silahkan berkomentar. Jangan lupa like dan share link tutorial beserta video tutorial kami.

Baca tutorial selanjutnyaMembuat Login dengan PHP Ekstensi mysqli OOP

Semoga bermanfaat, happy coding :)
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Membuat CRUD dengan PHP Mysqli OOP
Item Reviewed: Membuat CRUD dengan PHP Mysqli OOP 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

37 comments

ini punya mimin juga ya?
https://www.youtube.com/watch?v=8NS4EC9Zw0E

Gak gan, kan channelnya beda.
Yg dari ane channel namenya Yuk Coding : https://www.youtube.com/channel/UC84v13YI4veoXKxM7UWTmww/videos

Source Codenya nggak di share sekalian nih gan? Masa iya cuman suruh mantengin video aja :/

Kalo untuk tutorial yang pemrograman desktop sudah saya kasih source codenya gan, emang yg web metodenya begini biar lebih faham untuk newbie.
Dan blog yg berbagi source code udah banyak gan tapi tanpa penjelasan code2nya, hla di tutorial saya ini gak saya share source code tetapi bisa di ikuti dari tutorial codenya sekalian ada penjelasan. Kalo untuk newbie lebih cocok belajar seperti ini gan :)

Gan kalo buat paging nya gimna?

pake PHP manual bisa aja, tutorial nya diinternet banyak gan.
lain kali mungkin akan ku buatin tutorialnya, tapi mulai sekarang sampe' 10 bulan yg akan datang ane agak sibuk.

Agan ngomongnya kayak aslab ane aja, ogah mau ngasih coding mentah suruh ngetik sendiri sampe keriting tangan, katanya emng bagus buat belajar, tapi emng benar sih :ngakak

hehehe.
emang kalo tutorial ya gitu gan, biar yang belajar bener2 faham.
tapi kalo mau source code ada kok, klik aja link di menu atas "Download Source Code"

sedikit saran gan :D
kalau share sekalian di kasih link source code dan tutorial tertulis,
soalnya gini gan ...
cara orang belajar kan beda beda ...
contohnya ane , internet di rumah ane super lelet , jadi kalo mau belajar lewat video pasti buffer mulu ...
ya jadi ane coba cari cara belajar baru , yaitu baca dan langsung praktek dengan coding yang ada , dan memahami fungsinya satu persatu dari hasil praktek yang di dapat ...

thanks gan , semoga saran ane bermanfaat ...
sebelumnya terimakasih dengan trik triknya ...

Makasih banget sarannya mas, saya faham.
Tapi maaf untuk tutorial dasar web saya fokuskan ke dalam bentuk video, yang ingin mendapatkan source code nya bisa pm saya, yg mau aplikasi2 yg udah ane buat juga bisa tapi ada ketentuannya.
Alasan kenapa saya buat dalam bentuk video, karena untuk pemrograman dasar saya yakin orang yang mau sabar belajar apalagi mau ngetik sendiri code itu akan lebih faham + berkembang pesat daripada orang yang tinggal copas.

ko muncul gini
Fatal error: Call to a member function prepare() on a non-object in D:\public\htdocs\ref\yukkoding\oopmysqli\_crud.mysqli.oop.php on line 24

knp ya?

gan itu tampilan nya menggunakan framework?, template? apa ada yang lain? atau buat sendidri
makasihh

gan itu tampilan nya menggunakan framework?, template? apa ada yang lain? atau buat sendidri
makasihh

Itu menggunakan framework css dari google, namanya MaterializeCss. Tutorial cara membuatnya disini : http://yukcoding.blogspot.com/2015/06/membuat-desain-web-dengan-materializecss.html :)

Gan, gak kuat wafer gimana yak :D

Gan, bisa pesen buatkan web gak?

Bukannya di tutorial dah ada script-nya ya gan, tinggal ngikutin dan ngetik ulang :)

Bisa Gak ya.. nih dijadikan aplikasi desktop ya mas..

dimaklumin ya msih newbie.. hehe

Salam gan, mau tanya mysqli nya pakai prepare tapi kenapa tidak pakai bind_param() ya gan. apa aman kalau tidak pakai bin param. Tq

Gak bisa mas, walaupun bosa itu pake semacam virtual machine.

Sama saja sebenarnya gan, tersetaj mau pakai yang mana.
Aman juga kok, kalo mau validasi bisa pake mysqli_real_escape_string() pada inputannya.

Coba lihat script mu gan.
Konsultasi lebih nyaman via fb : https://fb.com/yukcoding :)

Bisa. Silahkan ngobrol disini aja gan : https://fb.com/yukcoding :)

masih kurang efesien kalo cuman video...
seandainya ditambah sourcode lebih baik...
biar lebih mudah ngikutin alur pembelajarannya.

Biasanya kalo langsung dikasih source code itu nanti pada males belajarnya karna tinggal copas.

Maaf gan, kalau bisa source code untuk index dkk disertakan...

Tapi untuk yang ada di video(pembuatan PHP-nya sendiri gak usah disertakan gpp gan)...

Soalnya saya bingung mau ngikutin tutor tapi gimana gitu...

Bingung kenapa? Tinggal ikutin aja gan

mantab mas nur fawaiq, benar" menambah bxk ilmu utk saya,
oya, boleh request gak bagaimana cara membuat form input untuk menampilkan berita di halaman beranda? kan klo setiap ada informasi atau pemberitahuan baru, admin hanya tinggal tambah informasi lalu di posting tanpa harus masuk ke coding, trims sbelumnya. :)

Intinya ya di CRUD itu gan. Jadi di halaman Admin bisa CRUD berita dan di halaman utama menampilkan data dari database hasil CRUD si Admin.

bro, mau tanya kan ad tabel siswa, terus ada nis dan username. jadi dalam tabel yang kita jadikan primary key username atau nis? terus pada saat tampil data dalam web ada nomor urut 1,2,3 kalo ada data yang masuk kira-kira itu pakai cara seperti apa ya.. terima kasih

nis aja primary key-nya.
Pakai di Tutorial2 crud YukCoding aja. Pakai $no++

akhirnya saya dapat juga tempat untuk belajar, dari semua blog yang saya buka semuanya tidak lengkap dengan penjelasannya, kebanyakan blog yang saya buka disertai dengan kode yang bisa di doownload dan di copas tapi sayang tidak lengkap dengan penjelasannya dan akhirnya blog ini saya dapat di youtube, blog agan lengkap banget dan disertai video pula
thanks gan yaa blog agan cocok untuk pemula seperti saya

Alhamdulillah. Thanks review-nya gan.
Sama2, senang bisa membantu untuk pemula. Bantu share juga ya :)

Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan bahasa yang relevan dan sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Info

Just load it!