Mengaktifkan PHP Extension (mysql, mysqli, PDO, etc) di XAMPP

Assalamu'alaikum wr. wb.

Kemaren ada teman kita mengikuti tutorial-tutorial di blog ini yang :


Tetapi dia bilang error, padahal script udah sama. Setelah dia memberitahu errornya, saya langsung menebak masalah bukan pada code dia, tetapi versi web server yang dipakai yaitu XAMPP-nya versi terbaru. Saya juga memakai XAMPP terbaru dan ternyata benar, aplikasi yang dulu saya built pake PHP ekstensi mysql yang lama muncul seperti ini :


Setelah saya analisa ternyata ekstension PHP mysql emang di versi xampp terbaru default-nya ter-disable, bukan dihapus tapi cuma dinonaktifkan. Karena para pengembang PHP sendiri sudah tidak mengembangkan PHP ekstensi mysql dan sangat menyarankan move on ke ekstensi mysqli dan PDO.

Baca juga :
Perbedaan mysql dan mysqli Extension PHP
Pengertian PDO dan Cara Mengaktifkan PDO Extension

Dan inilah cara serta penjelasan bagaimana mengaktifkan extension-extension PHP di XAMPP, bisa mysql extension, mysqli extension, PDO extension, dan lain sebagainya. Silahkan disemak baik-baik :



Gimana, mudah banget bukan ?
Jika masih ada yang bingung silahkan tanyakan di fanspage Yuk Coding.


Baca yang lainKonsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek (OOP)

Buka blog YukCoding versi English : www.yukcoding.tech


Semoga bermanfaat. Salam Coding :)

Wassalamu'alaikum wr. wb. :)
Mengaktifkan PHP Extension (mysql, mysqli, PDO, etc) di XAMPP
Item Reviewed: Mengaktifkan PHP Extension (mysql, mysqli, PDO, etc) di XAMPP 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

19 comments

min, saya punya masalah hampir sama. di script CRUD di halaman edit ada notif kesalahan di where, katanya yang di get "id" nya gak ada, padahal script belum pernah di ubah, sebelum install ulang dari win 7 ke win 8.1 masih lancar aja, apa ada masalah sama xampp nya ?, xampp yang dipakai masih tetap sama kaya dulu, juga udah support mysqli.

PHP Development is one of the cost friendly and effective open source platforms introduced till date. At Silicon IT Hub, we offer advance PHP development solutions for your powerful website application development. We prove as a cost friendly and qualitative web application development company for your business/organization. We have hired experienced and highly professional web developers that have creative flair and expertise over LAMP and WAMP architecture.

punya saya pas dibuka php.ini tidak ada extensi mysql adanya mysqli trus saya coba tambahkan sendiri tapi tetap gx bisa...
mohon pencerahannya..

Saya pake'nya Sublime Text gan :)

:thumbup
Mantep infonya kang + jd nambah ni elmu
Lanjutkan trs kang tutornya! YUK Coding BEST Dah...

Okay gan, siap :2thumbup
Thanks :)

Untuk mysql extension di PHP 7 memang sudah tidak ada. Pake saja yg PHP kalo masih ingin memakai mysql extension.

Untuk mysql extension di PHP 7 memang sudah tidak ada. Pake saja yg PHP 5 kalo masih ingin memakai mysql extension. Kalo tetap ingin pake PHP 7 berarti harus pake mysqli atau PDO.

Silahkan kirim screeshot error dan screenshot script mu lewat inbox di https://www.facebook.com/yukcoding :)

berarti uninstal yg 7 ganti ke 5 ya?

Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan bahasa yang relevan dan sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Info

Just load it!