Mengaktifkan PHP Extension (mysql, mysqli, PDO, etc) di XAMPP

Assalamu'alaikum wr. wb.

Kemaren ada teman kita mengikuti tutorial-tutorial di blog ini yang 1-15 :


Tetapi dia bilang error, padahal script udah sama. Setelah dia memberitahu errornya, saya langsung menebak masalah bukan pada code dia, tetapi versi web server yang dipakai yaitu XAMPP-nya versi terbaru. Saya juga memakai XAMPP terbaru dan ternyata benar, aplikasi yang dulu saya built pake PHP ekstensi mysql yang lama muncul seperti ini :


Setelah saya analisa ternyata extension PHP mysql yang lama emang di versi xampp terbaru default-nya ter-disable, bukan dihapus tapi cuma dinonaktifkan. Karena para pengembang PHP sendiri sudah tidak mengembangkan PHP ekstensi mysql dan sangat menyarankan move on ke ekstensi mysqli dan PDO.

Baca juga :
Perbedaan mysql dan mysqli Extension PHP
Pengertian PDO dan Cara Mengaktifkan PDO Extension

Dan inilah cara serta penjelasan bagaimana mengaktifkan extension-extension PHP di XAMPP, bisa mysql extension, mysqli extension, PDO extension, dan lain sebagainya. Silahkan disemak baik-baik :


Mengaktifkan PHP Extension mysql, mysqli, PDO... oleh yukcoding

Gimana, mudah banget bukan ?
Jika masih ada yang bingung silahkan tanyakan di fanspage YukCoding.

Nb :
Tutorial ini hanya dapat digunakan untuk xampp versi 5.x.x dan untuk versi 7.x.x sudah tidak bisa menggunakan mysql extension yang lama karena memang sudah dihapus ekstensi ini di PHP 7.

Baca yang lainKonsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek (OOP)

Semoga bermanfaat. Salam Coding :)
Wassalamu'alaikum wr. wb. :)

Info

Just load it!